Sabtu, 31 Maret 2018

Kekuatan Pelukan Ampuh Usir Rasa Kesendirian

Kekuatan Pelukan Ampuh Usir Rasa Kesendirian

Seorang yang didiagnosis memiliki gangguan bipolar, kerap dilanda perubahaan suasana hati ektrem. Ia dapat mengalami episode manik luar biasa atau depresi berat.

Adityana Kasandra Putranto, seorang psikolog berkata melalui pesan singkat, Rabu (28/3/2018), bipolar disebabkan oleh gangguan fungsi neuropsikologis yang dipengaruhi faktor genetik dan pola asuh.

"Terutama pengalaman negatif selama tumbuh kembang seseorang," tulisnya.

Pengalaman negatif seperti pengalaman traumatik di masa kecil inilah yang kerap bertanggung jawab atas munculnya gangguan bipolar atau gangguan psikologis lain.

Kasandra berkata, orang-orang dengan masalah gangguan bipolar sangat membutuhkan perhatian, kasih sayang, dan cinta dari orang lain. Terutama ketika suasana hati sedang menurun.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan perhatian, kasih sayang, dan cinta adalah dengan pelukan dan kehadiran.

Pelukan dan kehadiran, dapat mengusir kesepian mendalam yang mereka rasakan. "Mereka yang memiliki masalah bipolar membutuhkan lebih banyak pelukan dan kehadiran dibanding orang lain," ujarnya.

Kekuatan pelukan untuk kesehatan sudah banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian.

Salah satunya dilakukan oleh Isabel Leming, Senior Transcranial magnetic Stimulation (TMS) Technician dari klinik Smart TMS, sebuah klinik kesehatan untuk pengobatan depresi di London.

Dilansir Kompas.com, Isabel mengatakan pelukan dapat merangsang produksi hormon oksitosin atau hormon cinta. Hormon ini akan memberi manfaat untuk orang dengan gangguan mental, termasuk depresi dan kecemasan.

Oksitosin ini akan bekerja di pusat emosi otak untuk meningkatkan perasaan puas, percaya, keakraban, dan saling terikat.

0 komentar:

Posting Komentar