5 Rahasia Laptop Gaming Awet Bertahun-tahun

5 Rahasia Laptop Gaming Awet Bertahun-tahun

Laptop gaming berbeda dengan laptop yang biasa dipakai mengerjakan tugas kuliah, tugas kantoran, dan berbagai aktivitas komputasi lainnya. Spesifikasi laptop gaming sendiri biasanya lebih gahar daripada laptop biasa, seperti grafis yang sempurna, desain yang unik dan menarik, hingga harga yang menjulang. Memiliki laptop dengan spesifikasi yang demikian membuat Anda harus pandai-pandai merawatnya agar awet hingga 5 tahun ke depan.

Rahasia Laptop Gaming Berumur Panjang

Bagi Anda yang sering bermain game terus-menerus tak jarang mengalami permasalahan performa pada laptopnya. Hal yang umum terjadi, biasanya laptop akan menjadi lemot saat digunakan, baik ketika bermain game atau sekedar melakukan pengetikan. 

Laptop dengan kondisi demikian rentan mengalami kerusakan hingga tidak bisa digunakan sama sekali alias mati total. Untuk mengantisipasinya maka Anda harus melakukan perawatan pada laptop Anda. Berikut akan diuraikan cara merawat laptop agar awet hingga bertahun-tahun.

1. Memakai Sistem Pendingin Eksternal
Laptop gaming biasanya sudah disertai dengan cooler atau kipas yang mumpuni. Namun, jika digunakan terus-menerus tentu akan mengeluarkan panas yang berlebihan atau overheat. Maka dari itu, pastikan kipas internal pada laptop Anda berfungsi dengan baik. Usahakan untuk selalu mengecek kipas tersebut minimal enam bulan sekali. 

Untuk menjaga performa laptop gaming Anda, akan lebih baik kalau memakai kipas eksternal sebagai cooler tambahan. Karena untuk pemakaian laptop gaming sendiri bisa digunakan lebih dari delapan jam sehari. Tujuannya tentu untuk menjaga performa laptop Anda supaya tidak mudah lemot meski mengeluarkan panas yang berlebihan, karena sudah di counter menggunakan kipas eksternal.

2. Memakainya dengan Baik dan Benar
Gunakanlah laptop Anda sesuai dengan aturan pemakaian laptop gaming. Seperti jangan memakai laptop di atas kasur karena akan menutup ventilasi udara sehingga kipas tidak bisa bekerja. Akibatnya, laptop tidak mengeluarkan panas dengan sempurna. 

Selain itu, jangan terlalu sering memindah-mindah atau membawa laptop yang menggunakan hard disk dalam keadaan menyala pada medan yang sulit. Karena hal tersebut mengakibatkan platter tergores.

3. Melakukan Perawatan Minimal Satu Tahun Sekali
Laptop gaming merupakan barang elektronik yang memerlukan maintenance atau perawatan terjadwal dan berkala minimal satu tahun sekali. Hal yang harus Anda perhatikan diantaranya melakukan pembersihan debu khususnya pada bagian keyboard, pelapisan ulang pasta prosesor dan VGA, dan pengecekan software. 

Melakukan perawatan laptop memang terdengar sangat sederhana, namun pada kenyataannya banyak pengguna laptop yang menghiraukan dan menyepelekan hal ini.

4. Memiliki Port Thunderbolt 3
Salah satu komponen paling penting pada laptop gaming ialah VGA. Makanya, setiap pengguna laptop gaming harus mengenali kemampuan VGA agar tahu resolusi gambar yang sesuai. Sayangnya, VGA internal laptop tidak bisa diupgrade, sehingga Anda tidak bisa memainkan game dengan grafis yang tinggi. Selain itu, VGA tersebut sudah ketinggalan zaman dalam dua tahun ke depan terhitung sejak Anda membeli laptop tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda harus memiliki Port Thunderbolt 3 yang berfungsi menambahkan VGA eksternal. Keuntungan lainnya Anda bisa mengupgrade VGA bawaan laptop dengan memakai VGA desktop. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan dua VGA untuk membantu meningkatkan performa laptop saat bermain game. 

5. Membatasi Waktu Bermain Game
Membatasi waktu bermain game tentu akan membuat laptop gaming Anda berumur lebih lama. Karena semakin banyak jam pemakaiannya, maka laptop akan cepat rusak. Selain daya tahan baterai yang mudah drop, keyboard pun cenderung cepat jebol karena ditekan-tekan secara berlebihan. Sebaiknya, gunakan laptop untuk bermain game maksimal 10 jam dalam sehari. 

Nah, demikianlah lima rahasia merawat laptop gaming Anda agar awet bertahun-tahun. Dari lima poin di atas, menggunakan laptop dengan baik dan benar menjadi poin yang paling penting. Karena kerusakan yang terjadi pada laptop merupakan ulah penggunanya sendiri. 

Maka dari itu, gunakanlah laptop Anda dengan benar dan bijak agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sangat disayangkan kalau Anda memiliki laptop dengan spesifikasi dan harga yang gahar tapi hanya bertahan satu tahun saja. 

0 komentar:

Posting Komentar