Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Produk Asuransi Kesehatan Syariah

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Produk Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi kesehatan syariah merupakan salah satu jenis asuransi yang hari ini semakin banyak diminati. Tidak hanya menerapkan prinsip-prinsip syariah, asuransi jenis ini juga menawarkan kemudahan bagi nasabah. Seperti halnya uang yang telah dibayarkan nasabah tidak akan hangus meski Anda terpaksa telat membayar premi. Selain itu, asuransi ini juga bebas riba, dimana hal ini tentu membawa ketenangan bagi diri Anda.

Atas dasar beberapa hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang lebih memilih asuransi jenis ini dibandingkan produk asuransi lainnya. Kendati demikian, Anda juga perlu mengetahui hal-hal terkait asuransi kesehatan itu sendiri. 

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami uraikan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi kesehatan syariah.

1. Nama dan jenis produk kesehatan
Cari tahu informasi lengkap mengenai nama dan jenis produk yang ditawarkan. Karena bisa jadi meski keduanya sama-sama penyedia asuransi namun memiliki layanan yang berbeda. Selain mengetahui jenis produk apa saja yang ditawarkan juga ada baiknya untuk memperhatikan harga setiap produk karena jelas akan berbeda harga setiap produknya.

2. Cakupan jaminan
Dalam suatu perusahaan, ada yang menawarkan produk tertentu dengan memberikan layanan tambahan atau cakupan yang berbeda-beda. Sehingga selektiflah sebelum membeli agar nantinya tidak menyesal yang kemudian berujung kekecewaan karena produk yang kita butuhkan justru tidak masuk dalam cakupan jaminan yang telah kita bayar.

3. Premi 
Premi adalah sejumlah uang yang harus Anda bayar sebagai nasabah atas produk yang telah dibeli. Jadi, sebelum memutuskan mengambil produk asuransi, cari tahu dulu berapa jumlah premi yang nantinya harus Anda bayarkan setiap bulannya. Pilihlah asuransi yang jumlah preminya tidak memberatkan Anda. 

Oiya, selain itu tanyakan juga berapa lama jangka waktu pelunasan premi tersebut. Tidak ada salahnya melakukan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang sama-sama menguntungkan.

4. Biaya tambahan
Dalam kondisi-kondisi tertentu ada juga perusahaan yang meminta biaya tambahan untuk kepentingan suatu hal. Oleh karena itu tanyakan pada penyedia asuransi apakah kedepannya nasabah diminta untuk mengeluarkan biaya tambahan diluar kewajiban membayar premi.

Karena tidak sedikit perusahaan yang di awal menawarkan harga terjangkau namun tiba-tiba menaikan harga premi tanpa meminta persetujuan dari nasabah.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli produk asuransi. Karena saat ini banyak sekali jenis asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan dengan layanan yang menjadi keunggulan masing-masing perusahaan. Termasuk asuransi kesehatan syariah yang sudah tentu menggunakan prinsip syariah dalam memberikan layanan kepada semua nasabahnya secara adil.

Kalau masih bingung memilih, tidak ada salahnya Anda mengajak anggota keluarga untuk mempertimbangkan perihal asuransi yang akan dipilih. Lagi pula asuransi ini nantinya juga akan dibutuhkan oleh keluarga Anda.

0 komentar:

Posting Komentar