4 Tips Reksadana di Bank yang Harus Anda Ketahui

Tips Reksadana

Reksadana bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang wajib Anda miliki. Bagi pemula, sebaiknya ketahui berbagai jenis reksadana seperti reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana terproteksi, reksadana saham, dan lain-lain. Sebaiknya Anda mengetahui tempat membeli reksadana yang aman atau menggunakan manajer investasi. Anda bisa menerapkan tips reksadana di bank yang memiliki izin Agen Penjual Reksa Dana (APERD).

1. Lakukan transaksi pada hari bursa

Tips melakukan reksadana di bank adalah melakukan pengajuan pada hari bursa saja. Caranya hampir sama seperti pembukaan rekening di bank yaitu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan NPWP. 

2. Transaksi diproses sesuai nilai aktiva bersih 

NAB akan dipublikasikan setiap hari melalui media cetak atau online yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti harga pasar serta kekuatan permintaan dan penawaran investor.

3. Perhatikan batas waktu penerimaan transaksi 

Sebaiknya Anda mengetahui tips reksadana yang tak kalah penting yaitu memperhatikan batas waktu untuk penerimaan transaksi setiap hari. Biasanya batas waktu yang diberikan pada pukul 12.00 sampai dengan 13.00, maka Anda akan mendapatkan harga NAB. Sedangkan pembelian melebihi batas transaksi, maka harga NAB sesuai dengan bursa harga selanjutnya. 

4. Dapatkan surat konfirmasi transaksi reksadana 

Jika Anda sudah selesai melakukan semua transaksi reksadana, maka Anda harus mendapatkan surat konfirmasi bank custodian mengenai pembelian reksadana. Laporan perkembangan reksadana akan Anda dapatkan setiap bulan. Penting untuk selalu menyimpan laporan perkembangan reksadana dari bank sebagai bukti kepemilikan reksadana Anda. 

Jika Anda masih belum menerima laporan setiap bulan, segera hubungi manajer investasi. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa manajer investasi kredibel dan profesional dalam menangani reksadana. Perhatikan semua kemungkinan profit dan risiko jangka panjang sebelum tertarik berinvestasi reksadana di bank atau lembaga lain. Cerdas investasi reksadana bisa memberikan keuntungan maksimal untuk Anda, lho!

Tips reksadana di bank bisa Anda jadikan bahan referensi sebelum tertarik untuk terjun ke investasi ini. Aktivitas reksadana yang aman diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan agar Anda terhindar dari oknum nakal. Memahami cara kerja reksadana oleh manajer investasi terpercaya, maka Anda bisa mendulang keuntungan dari instrumen ini.

0 komentar:

Posting Komentar