Tempatnya Mendapat Informasi Dunia
Posting oleh Teddy pada , | September 27, 2020 Berkomentar
Solo, Jawa Tengah merupakan kota asal Presiden Indonesia, Bapak Jokowi. Banyak orang berkunjung ke Solo untuk melihat bagaimana lingkungan masa kecil Bapak Jokowi. Salah satunya adalah dengan mencicipi hidangan favorit beliau. Sebenarnya banyak sekali menu khas Solo yang harus Anda coba jika berkunjung disini. Namun, kami akan berikan 5 rekomendasi makanan khas Solo paling populer yang harus Anda coba.

1. Selat Solo

Selat Solo dapat dikatakan sebagai steak-nya Jawa Tengah karena menu ini memang mendapat pengaruh dari bangsa Eropa. Bintang utama dari Selat Solo adalah daging bistik yang disajikan bersama telur pindang, wortel, buncis, kacang polong, seta kentang goreng. Kemudian disiram dengan kuah sup yang ringan dan nikmat. Salah satu tempat makan Selat Solo yang populer adalah Selat Solo Mbak Lies yang bisa Anda nikmati dengan harga Rp. 16.000 saja.

Sumber : https://wonderfulsolo.com/wp-content/uploads/2017/04/SELAT-MBAK-LIES-7.jpg

2. Nasi Liwet

Solo juga tidak dapat dilepaskan dari makanan ikonik Nasi Liwet. Menu ini terdiri dari nasi putih gurih yang dalam menanaknya sudah dicampur bumbu khas serta komponen pelengkap lain. Komponen yang wajib ada dalam Nasi Liwet adalah sayur labu siam, suwiran ayam, serta yang paling penting adalah sedikit santan kental yang biasa disebut areh. Untuk lauk tambahannya bisa terdiri dari telur semur, ayam goreng bumbu kuning, dan sebagainya tergantung selera. Salah satu tempat makan Nasi Liwet yang terkenal adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu hanya dengan harga Rp. 19.000.

Sumber : https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2017/11/09/c0863818-9bf3-4590-8f8d-75087bdf2a8e.jpg?w=700&q=90
 

3. Timlo

Menu khas milik Solo lainnya adalah Timlo. Makanan yang tidak terlalu berat ini berisi mie soun, suwiran ayam, sosis Solo yang diiris, wortel rebus, irisan telur semur. Semua komponen tersebut disiram dengan kuah panas yang memiliki rasa gurih dan ringan. Kemudian disajikan bersama irisan hati ayam dan telur dadar. Makanan pembuka yang bisa menjadi makanan pendamping nasi satu ini akan membangkitkan selera makan Anda di Solo. Timlo dengan rasa yang tak diragukan lagi di Solo adalah Timlo Solo Sastro yang dijual mulai dari Rp. 7000 saja.

Sumber : https://surakarta.go.id/wp-content/uploads/2017/12/Timlo-Sastro-Khas-Kota-Solo.jpg
  

4. Brambang Asem

Bagi Anda penggemar menu sayur atau vegan, maka Brambang Solo adalah makanan yang tepat. Brambang Solo adalah makanan yang terdiri dari daun singkong rebus, bayam, tauge, dan sayur rebus lain dan disiram dengan saus sambal yang pedas dan nikmat. Menjadi lebih lengkap jika disantap dengan tempe gembus (tempe yang terbuat dari ampas tahu). Anda dapat menikmati Brambang Asem yang terkenal di warung Yu Sum Pasar Gede. Menu camilan sehat ini sangat murah meriah, mulai dari Rp. 3000 saja, Anda sudah dapat menikmatinya.

Sumber : https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/13e96333a0d76c61/751x532cq70/kangkung-sambal-brambang-asem-foto-resep-utama.jpg

5. Sate Buntel

Terakhir yaitu Sate Buntel, makanan khas Solo yang digemari Bapak Jokowi. Sate Buntel memiliki tekstur yang hampir sama dengan sate lilit karena daging kambing yang akan dibakar sudah dicincang terlebih dahulu. Kemudian dililitkan pada bambu dan dibungkus dengan lapisan lemak tipis yang jika dibakar bersama, aroma dan rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Menu ini paling lengkap disajikan bersama kecap, irisan bawang merah, daun kol, cabai, serta perasan jeruk nipis. Makanan berprotein tinggi dan nikmat ini bisa Anda dapatkan di Sate Buntel Mbok Galak dengan harga Rp. 35.000 setiap porsinya.

Sumber : https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/03/06/399cc651-d8b4-48d8-a641-f6d58b212d3e_169.jpeg?w=700&q=90
 
Bagaimana? Semakin tertarik untuk berkunjung ke Solo, bukan? Daftar makanan khas Solo diatas belum termasuk dengan makanan penutup khas Solo yang juga tak kalah populer seperti Serabi dan lain-lain. Sebelum Anda ke Solo, kunjungi Wonderful Indonesia untuk info liburan yang lebih lengkap.
 

0 komentar:

Posting Komentar