Header Ads Widget

RajaBackLink.com

Yuk Kenali Deretan Pantangan Hamil Muda yang Harus Ibu Ketahui


Trimester awal atau pertama merupakan masa yang rawan pada masa kehamilan karena keguguran sering terjadi pada trimester ini. Maka dari itu, ibu hamil harus sangat berhati hati dalam beraktifitas dan selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Untuk informasi selengkapnya, yuk kenali beberapa pantangan hamil muda yang harus ibu ketahui.

3 Larangan Bagi Ibu Hamil Muda Yang Penting Untuk Diketahui

1. Hindari Mengonsumsi Beberapa Buah Buahan Saat Hamil Muda

Pada masa kehamilan, anda biasanya akan mengidam beberapa makanan macam makanan seperti buah buahan segar. Namun ternyata tidak semua jenis buah buahan baik untuk dikonsumsi pada awal kehamilan karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. 

Buah pantangan pertama adalah buah semangka yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi anda yang sedang berada pada masa awal kehamilan. Mengonsumsi semangka pada masa tersebut meningkatkan kadar gula dalam tubuh anda yang dapat menyebabkan diabetes gestasional. 

Pantangan selanjutnya adalah buah nanas. Meskipun nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C, namun buah tersebut juga mengandung kadar bromelain yang cukup tinggi. Oleh karena itu, salah satu pantangan hamil muda yang harus ibu ketahui adalah mengonsumsi buah nanas pada masa awal kehamilan karena dapat memecah protein dalam tubuh. 

Buah pantangan yang ketiga bagi ibu hamil muda adalah buah durian. Buah durian dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Jika anda mengonsumsi buah ini, maka kandungan karbohidrat yang tinggi di dalamnya dapat terus meningkatkan berat janin dan mempengaruhi proses kelahiran.

Contoh buah terakhir yang perlu anda hindari saat hamil muda adalah buah pisang. Hal tersebut dikarenakan chitinase yang terkandung dalam pisang dapat mengganggu kestabilan suhu tubuh ibu hamil. Sebagai alternatif, anda dapat mengonsumsi buah lainnya yang baik untuk awal kehamilan seperti alpukat, mangga, dan jeruk. 

2. Hindari Untuk Mandi Atau Berendam Dengan Air Panas

Selain buah buahan yang telah disebutkan di atas, berendam atau mandi air panas juga merupakan pantangan hamil muda yang harus ibu ketahui. Aktivitas tersebut dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan janin dalam kandungan. Meningkatnya risiko keguguran dan cacat pada tabung saraf bayi dapat terjadi jika anda berlama lama berada dalam air panas.

Risiko dari mandi atau berendam dengan air panas lainnya adalah meningkatnya potensi terkena hipertermia. Hipertermia adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh dengan cepat yang dapat menyebabkan kelainan pada janin anda. Oleh karena itu, suhu air yang anda gunakan sebaiknya di bawah 40 derajat celcius

3. Hindari Mengonsumsi Obat Secara Sembarangan Tanpa Resep Dokter

Ibu hamil tidak disarankan untuk mengobati penyakit apapun yang sedang diderita selama masa awal kehamilan tanpa bantuan spesialis atau dokter. Menggunakan obat bebas atau krim wajah tanpa konsultasi terlebih dahulu dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ dan cacat lahir pada janin.

Pantangan hamil muda yang harus ibu ketahui juga termasuk dalam lingkup obat obatan. Beberapa obat diantaranya adalah obat jerawat, ibuprofen, dan obat flu. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Terdapat beberapa pantangan yang harus diperhatikan oleh wanita hamil muda. Tiga diantaranya adalah larangan untuk mengonsumsi obat secara sembarangan, mandi dengan air panas, dan mengonsumsi buah buahan seperti nanas. Ketiga pantangan tersebut dapat memicu terjadinya keguguran pada ibu hamil.

Posting Komentar

0 Komentar