Header Ads Widget

RajaBackLink.com

Perlu Anda Ketahui, Berikut Deretan Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami


Saat mengalami batuk berdahak pasti akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan. Hal tersebut tentunya juga akan mengganggu dan mempengaruhi aktivitas anda. Maka dari itu, jika telah memiliki gejala batuk, ada baiknya jika anda segera mengobatinya. Ingin tahu caranya? Yuk simak cara mengobati batuk berdahak secara alami disini!

Beberapa Tips Untuk Meredakan Batuk Secara Alami

1. Minum Air Jeruk Nipis Yang Dicampur Dengan Kecap Atau Madu

Untuk meredakan batuk berdahak secara alami yang pertama adalah dengan cara meminum air jeruk nipis yang telah dicampur dengan kecap atau madu. Pengobatan yang satu ini sudah dikenal sejak lama, dan terbukti ampuh untuk mengobati batuk berdahak. Hal tersebut dapat terjadi karena jeruk nipis memiliki kandungan antibakteri.

Antibakteri yang terkandung pada buah jeruk nipis antara lain adalah fenolik, tanin, flavonoid, steroid, glikosida, hingga saponin. Sebenarnya, kecap yang digunakan sebagai campuran tidak memiliki fungsi langsung untuk meredakan batuk. Akan tetapi, kecap disini berperan penting untuk menetralkan rasa asam dari air jeruk nipis. 

Anda juga bisa menggunakan madu apabila tidak ingin menggunakan kecap. Sehingga, rasa asam dari jeruk nipis dapat berkurang karena adanya rasa manis dari madu. Cara mengobati batuk berdahak yang satu ini sangatlah mudah yakni hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis. Kemudian potong dan peras jeruk nipis pada sendok makan, lalu tambahkan madu/ kecap secukupnya. 

2. Inhalasi Uap Air Panas

Pengobatan batuk berdahak secara alami yang berikutnya yakni dengan menggunakan uap air panas. Untuk mengaplikasikan cara yang satu ini cukuplah mudah, yakni dengan menyiapkan baskom yang diisi dengan air panas. Setelah itu, dekatkan kepala anda dengan baskom tersebut. Jangan lupa juga untuk meletakkan handuk pada kepala agar kelembaban udara tetap terjaga. 

3. Minum Air Hangat 

Minum air hangat merupakan cara alami berikutnya yang dapat anda lakukan untuk mengobati batuk berdahak. Dengan minum air hangat, kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi dan anda juga bisa mendapatkan lega dan tenang dari batuk berdahak. Tak hanya itu saja, air hangat juga dapat membantu mengeluarkan dahak dari paru paru. 

4. Berkumur Dengan Air Garam 

Cara mengobati batuk berdahak yang selanjutnya adalah berkumur dengan air garam. Tips alami yang satu ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat batuk berdahak. Untuk melakukan tips yang satu ini, anda cukup menyediakan segelas air hangat dan satu sendok teh garam. Setelah itu, aduk air serta garam hingga rata dan gunakan untuk berkumur. 

5. Membuat dan Meminum Air Rebusan Jahe dan Daun Sirih 

Meminum air rebusan daun sirih dan jahe merupakan cara alami berikutnya yang terbilang ampuh untuk mengobati batuk berdahak. Tak hanya dapat mengatasi masalah kewanitaan, ternyata daun sirih ini juga bermanfaat sebagai obat untuk batuk berdahak. Pengobatan alami yang satu ini dapat dengan mudah untuk anda lakukan dirumah. 

Cara mengobati batuk berdahak yang satu ini dapat anda lakukan dengan menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu baik itu daun sirih dan jahe. Setelah itu, cuci kedua bahan tersebut sampai bersih dan merebusnya hingga mendidih. Apabila telah mendidih, ada baiknya jika anda menyaringnya terlebih dahulu sebelum meminumnya. 

Itulah deretan informasi mengenai pengobatan secara alami untuk batuk berdahak. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mengobati batu. Namun, anda juga harus tetap menjaga kebersihan dengan cara menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan sabun agar kuman tidak menyebar kemana mana. 

Posting Komentar

0 Komentar